7 in 1 Strategy Global Competitive

pohon

“7 in 1 Strategy” Toward Global Competitive
Karangan, Handito Hadi Joewono

Ukuran keberhasilan bisnis dengan “7in1” Competition Objective, adalah:
1. Sales
memang bukan rahasia umum lagi, bahwa omset penjualan merupakan “aliran darah” likuiditas perusahaan itu sendiri. Tanpa penjualan, perusahaan stuck. Yang mana kita tahu bahwa untuk menaikan omset kita perlu melakukan penekanan (pull or push)

2. Market Share
kondisi yg menggambarkan penguasaan pasar atau perusahaan atas arena persaingannya. Semakin tinggi market share berarti semakin tinggi dominasi perusahaan atas lingkungan persaingan nya.
*Perlu diingat, angka mutlak market share bukan hal terpenting. Lebih baik market share dengan persentase kecil dan naik secara signifikan dibanding market share dengan persentase besar tetapi dari waktu ke waktu berkurang.

3. Customer Awareness
Kalau konsumen tidak kenal, tentu kemungkinan belinya rendah, Tidak mengherankan banyak perusahaan berlomba – lomba mempopulerkan produk atau brand nya melalui iklan agar bisa mendapat awareness lebih banyak dan lebih tinggi.
*apakah awareness tinggi berarti produk yang dijual laku? tidak ada yang berani menjamin. Jika awareness tinggi saja belum tentu menjamin penjualan tinggi, apalagi awareness yg rendah.

4. Customer Image
Customer image dibentuk secara proaktif oleh pemasar, bukan terbentuk scra pasif. Pembentukan image dilakukan melalui komunikasi terpadu secara sistematis. Sering terjadi dewasa ini, antara terbentuknya persepsi dengan ekspektasi tidak sesuai. Persepsi yg tidak sesuai dg ekspektasi bs terjadi karena kesalahan komunikasi, bs juga karena kesalahan perumusan positioning.

5. Customer Satisfaction
Obsesi memuaskan konsumen merupakan niat baik yg harus terus diberi semangat. Kepuasan konsumen harus menjadi kesadaran semua orang di perusahaan.

6. Customer Loyalty
Biaya merebut konsumen baru sekarang ini menjadi semakin mahal, dan karena nya mempertahankan konsumen yg sudah ada menjadi tugas yg sangat penting. Mempunyai konsumen yang loyal juga akan membuat fluktuasi omset penjualan relatif lebih stabil. Dan seringkali konsumen yang loyal tidak terlalu sensitif harga dan bisa menjadi extended sales person bagi perusahaan.

7. Stakeholder Value
Stakeholder atau pihak- pihak yang berkepentingan dengan perusahaan terdiri atas pemegang saham, karyawan, konsumen, pemasok, jaringan distribusi, pemerintah, dan masy. umum. Kinerja kompetisi perusahaan juga diukur dari keberhasilannya memberi value kepada para stakeholder. Value bagi stakeholder terlihat dari selisih manfaat yang didapat dikurangi total biaya yang menjadi beban stakeholder

Kesimpulan nya,
Dari paparan diatas saya menyimpulkan bahwa membuat bisnis yang sudah didirikan agar bisa terus bertahan dan bertumbuh memerlukan strategi bisnis yang jitu. Banyak strategi bisnis yang tersedia, dan tentunya tidak satu strategi saja yang bisa digunakan dalam bisnis dan semua situasi. Sudah pasti, strategi yang tepat akan menghantar kan perusahaan mampu menghadapi ketidakpastian bisnis. Kalau naik pesawat kita mengenal dg kata turbulen, kata ini akan sering kita jumpai, apalagi situasi kompetisi bisnis yang semakin banyak nya ketidakpastian, termasuk pesaing baru yang tidak terduga, juga membuat keberhasilan saing di masa lalu tidaklah cukup untuk menghadapi kompetisi masa depan.

Dengan menggunakan konsep ‘7in1’ Competition Strategy, maka perumusan strategi kompetisi diawali dengan penetapan main target competitor yang dilanjutkan dengan pemilihan generic competition strategy yang bisa berupa offensive, defensive, flanking (mengapit), guerilla (gerilya), maupun blitzkrieg (serangan kilat) business strategy.

Semoga bermanfaat..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: